Kamis, 10 Desember 2009

Akhirnya bisa ganti PC

Setelah kesel-keselan ama kompi gw yang lama, sampe keyboard gw pecah gara2 gw banting. Akhirnya gw bisa ganti kompi baru. Dengan modal patungan ama bokap (padahal bagian gw gak seberapa) tapi bajet yang gw dapet kali ini lumayan gede, sebut aja 5 juta. Pas dananya udah ditangan, hari itu juga gw meluncur ke TKP yaitu Mall Mangga Dua, pusatnya pertokoan komputer di Jakarta. Sebelumnya gw udah iseng itung2 bakalan dapet spek yang kayak gimana yang bakalan gw dapet dengan bajet sebesar itu. Sekitar 1 jam perjalanan naik KRL ekonomi dan mikrolet, gw sampe di MM2 (mall Mangga 2) dan secepat kilat gw tarik tunai di ATM BCA dan secepat kilat juga gw meluncur ke toko Quantum di lantai 5.

Ternyata, spek yang gw kasih, ada beberapa item yang gak tersedia alias habis, yaitu Mobo AsRock P45DE, termasuk VGA Digital Alliance GF 9800GT 1GB. Gak cuma itu aja, memory yang gw kira bisa dapet 2x2GB (4GB) ternyata yang gw maksud itu cuma kodenya dan kapasitas aslinya ternyata cuma 1x1GB (2GB). Akhirnya, gw ganti mobo besutan Foxconn, yang keliatannya bagus dan cukup murah, gw pilih Foxconn P45AL. Terus VGA gw ganti ke merek Gigabyte dengan chip yang sama. Masalah memory terpaksa gw terima.

Akhirnya setelah beres semua dan gak ada lagi yang kurang, gw dapet spek seperti ini:

Prosesor : Intel Core 2 Duo E7500 2.93GHz FSB1066MHz cache 3MB LGA775
Motherboard : Foxconn P45AL
Memory : Corsair XMS2 2x2048 2GB DDR2
VGA : Gigabyte 9800GT 1GB
HDD : Seagate 500GB SATA 16MB
Casing : Libera 600watt















Sambil nunggu barang2nya dateng, gw liat item-item lain yang ada di websitenya (www.rakitan.com). Trus gw ditanya, sepek itu mau dirakit apa gak. Tadinya gw mau rakit sendiri dirumah, tapi gw pikir mendingan dirakit sekalian biar gak repot bawanya dan biar bisa langsung dipake. Kebetulan, merakit PC disitu gratis, tanpa software.

Barang-barang udah komplit kecuali VGAnya blom dateng. Orang yang merakit PC di situ udah lihai, cepet banget ngerakit satu PC gak butuh waktu berjam-jam cuma beberapa menit aja. Waktu, VGAnya mau dipaksa, orang yang ngerakit PC gw kaget. Dia bilang, kalo pake VGA ini, power supply 600watt bawaan casing gak bakalan kuat. Dalam hati, masa gak kuat, khan udah 600watt, kalo gitu butuh lebuh dari 600 watt donk... Setelah dijelasin, ternyata power keluaran PSU bawaan casing gak murni 600watt, mungkin yang keluar cuma 300 watt. Butuh PSU yang keluarannya murni. Orang itu menyarankan PSU merek AcBel 420watt. Kalo gitu, nambah biaya lagi donk... tekor gw. Tapi terpaksa gw beli, daripada VGA gw bagus jadi soak gara2 PSUnya gak kuat.

Transaksi selesai dan Pc gw udah jadi, trus gw pulang ke rumah. Perjalanan pulang emang paling sulit, udah CPUnya berat, naik kereta penuhnya ampun-ampunan dah... padahal gw naik Pakuan express. Tapi, udah lega pas sampe rumah. Dan gw langsung coba kompi gw yang baru, cuma sayang ada yang masih kurang, yaitu monitornya blom ganti, masih CRT 14". Niatnya kalo ada dana lagi, mau ganti ke LCD 22". Hehehe...