Selasa, 19 Januari 2010

Vakum 2 Tahun.... Sekalinya Ngeband Jadi Ancur

Udah pernah denger Ancurben? Pasti blom. Saking ancurnya band ini, mereka gagal rekaman dan lagunya blom beredar kemana-mana. Gimana mau beredar, rekaman aja blom. Sebenernya ini gw nyeritain band yang 1 jam lalu baru kebentuk. Istilahnya band dadakan, personilnya juga gak jelas, ngajak temen sebanyaknya, gak tau ntar di sana maen apa.

Gila... Bayangin, udah kira-kira 1-2 tahun, gw udah nggak ngeband lagi. Gw juga lupa terakhir ngeband itu kapan dan dimana. Kalo nggak salah, waktu gw mau Skripsi, gw udah sama sekali nggak menyentuh gitar listrik gw, yang sejak saat itu gw taro tuh gitar di pojok kamar. Sampe berjamur tuh tas nya. Sekarang tuh gitar udah berada di teman temen gw, sejak Agustus 2009 yang kemarin. Waktu itu gw kerja di situ, temen gw buka kursus musik untuk anak kecil, jadi dari pada gitar gw tambah jamuran di kamar gw, mending gw taro di tempat temen gw.

Nah, pas gw kerja di tempat temen gw itu, gw sempet maenin tuh gitar listrik gw. Secara keseluruhan, gw masih bisa lah maen beberapa melodi yg duu gw maenin, termasuk lagunya Joe Satriani yang judulnya Starry Night. Itu bulan Agustus, alias 5 bulan yang lalu, setidaknya gw mikir, udah 1 tahunan gw gak ngeband gak maen gitar listrik (tapi tetep maen gitar akustik), gw masih lihai memainkan jari-jari. Walaupun gw udah meragukan kemampuan gw.

Eh... gak dinyanya, maksudnya gak disangka gw diajak ngeband ama temen, katanya ada temennya dia yang pinter maen drum dan dia butuh temen buat ngeband. Gw terima ajakannya, soalnya gw juga udah ngerasa ninggalin band terlalu lama. Itung-itung buat refreshing juga. Mumpung gw juga lagi nganggur, walaupun besoknya gw udah masuk kerja di hari pertama. Gw pengen banget mengingat masa-masa dulu, barangkali gw masih jago kayak dulu, atau malahan tambah jago. Hehehe.... tambah jago mbahmu... nyentuh gitar aja musiman. kebetulan yang ikut ngaband bukan temen band gw yang dulu, tapi temen2 yang dulunya cuma ngikut-ngikut aja dan cari kesenengan belaka. Tapi, ada temen lama gw di situ, yang udaaahhh lama banget gak ketemu, dan dulu pernah jadi Bassist gw, biarpun cuma cadangan.

Langsung ke intinya, gw maen nyantai. Tapi..... alangkah terkejutnya...., terutama temen gw, kalo gw sih biasa2 aja...., gak ada satu pun lagu yang melodinya bisa gw inget dan maenin sampe tuntas.... GILA... Sebegitu buruknyakah gw itu. bener2 susah ngingetin melodi, jangankan melodi kord nya pun lupa. Untung gw masih punya feeling, tapi jari-jari gw udah terlanjur beku alias kaku. Semua nada yang gw petik berasa fales gitu... Tapi, anehnya, gw menikmati itu. Padahal temen gw yang satu udah terlanjur illfeel sama permainan gw yang gak ketulungan buruknya (gaks segitunya juga sehhh). Malem itu gw nikmatin aja, soalnya gw udah lama bgt gak ngerasain ini. Cuma 1 jam itu cukup ngilangin kejenuhan dan stress selama sehari. Pantes waktu SMA sampe kuliah dulu gw pinter, soalnya rutin maen musik (band). Sesekali gw nyoba maen drum, anehnya, malah gw lebih pinter maen drum ketimbang maen gitar. Tapi, temen2 gw prefer kalo gw di gitar aja. Satu lagi, kita maen lagu yang itu-itu aja, alias diulang-ulang. Soalnya bingung mau maen apa.

Keluar studio, gw merasa puas dan lega. Padahal maennya udah pas-pasan, kok bisa puas ya. Kita pun ngobrol tentang permainan tadi, yang intinya, gw udah gak pernah maen gitar lagi jadinya permainan gw parah dan kita malah pengen maen lagi paling nggak seminggu sekali. Kalo dirutinin, lama-lama juga manteb kok...